2023 Taiwan Higher Education Fair Indonesia akan Tawarkan Beasiswa untuk Calon Mahasiswa

Taiwan-Higher-Education

JAKARTA – panti asuhan hidayah — 2023 Taiwan Higher Education Fair Indonesia (THEFI) akan digelar di tiga kota besar di Indonesia. Menghadirkan berbagai kampus terbaik di Taiwan, pameran ini juga akan menawarkan beasiswa pendidikan untuk pelajar Indonesia.

Direktur Taipei Economic and Trade Office (TETO) Grace Ou mengungkapkan, sejak 2018 hingga 2022 pelajar asing yang melanjutkan studinya di Taiwan mengalami peningkatan yang signifikan yakni sebesar 28 persen.

“Untuk pelajar dari Indonesia yang melanjutkan studinya ke Taiwan pada tahun 2022 sebanyak 16.639 orang. Dan pelajar Indonesia berada pada urutan kedua dari total pelajar asing yang studi di Taiwan,” jelasnya, dalam keterangan resmi, Jumat (4/08/2023).

2023 THEFI digelar oleh Ikatan Citra Alumni Taiwan se-Indonesia (ICATI) yang merupakan perkumpulan alumni Taiwan yang bersifat nirlaba. Salah satu misinya ialah berdedikasi pada pendidikan nasional, khususnya dalam meningkatkan hubungan pendidikan dan budaya antara Indonesia dan Taiwan.

2023 THEFI bertujuan untuk meningkatkan pertukaran program studi antara universitas dan sekolah menengah di Indonesia dengan universitas di Taiwan. Target perekrutan ialah siswa SMA, SMK, sarjana, dan pascasarjana

Ketua ICATI Jakarta Simon Hu berpendapat, 2023 THEFI menjadi momen yang sangat berharga untuk mengenal lebih jauh akan perguruan tinggi di Taiwan. ICATI percaya bahwa pameran pendidikan tinggi Taiwan pada tahun 2023 ini akan membawa manfaat besar bagi perguruan tinggi, sekolah dan pelajar Indonesia..

“Kali ini, pameran pendidikan akan digelar di tiga kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Pekanbaru dan Medan. Adapun pameran pendidikan dimulai pada 12 Agustus di Jakarta, 13 – 14 Agustus di Pekanbaru dan 16 – 17 Agustus di Medan,” ungkapnya.

Menurut Ketua Umum Panitia 2023 THEFI Sudjadi Mulia, banyak perguruan tinggi Taiwan ideal menjadi pelabuhan anak muda atau pelajar Indonesia yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Karena mempunyai reputasi tinggi yang diakui secara internasional, misalnya pada bidang akademik sains dan teknologi, kedokteran, teknik, pertanian, dan lain lain.

Selain itu, di Taiwan juga biaya kuliah maupun hidup relatif lebih rendah daripada di banyak negara lain. Ditambah, Taiwan menawarkan berbagai macam beasiswa dan kesempatan magang kepada pelajar asing. Guru sekolah Indonesia juga dapat memanfaatkan peluang beasiswa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi Taiwan untuk meng-upgrade diri dengan mengambil program master dan doctoral di Taiwan.

“Adapun target pengunjung 2023 THEFI ini ialah pendidik, pelajar dan orang tua dari ratusan sekolah di Indonesia. Diperkirakan, Jakarta dikunjungi minimal 6.000 orang, Pekan Baru 3.000 dan Medan 4.000,” Sudjadi Mulia selaku

Ketua Umum ICATI Ijoh Dulong menambahkan, 2023 THEFI akan dihadiri 46 perguruan tinggi Taiwan dan UECFOCS (University Entrance Committee for Overseas Chinese Students) – yang merupakan co-organizer THEFI di Taiwan – dengan jumlah delegasi 108 orang. Mulai dari rektor, wakil rektor, direktur, dan staf departemen hubungan internasional akan berpartisipasi pada 2023 THEFI.

“Dalam 3 kota yang kami datangi nanti, selain memperkenalkan perguruan tinggi masing-masing, mereka juga akan mengeksplorasi kesempatan kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak dengan perguruan tinggi, sekolah menengah umum dan kejuruan Indonesia,” kata Ijoh Dulong, dalam konferensi pers yang digelar di Yun Artified Conference Hall, Jakarta.

Pada 2023 THEFI, Ijoh Dulong menambahkan, juga akan diadakan penandantanganan Memorandum of Understanding (MOU), antara beberapa perguruan tinggi Taiwan dengan sekolah menengah umum maupun kejuruan asal Indonesia.

Tim ICATI juga proaktif untuk mempromosikan 2023 THEFI dengan mengunjungi sekolah-sekolah berpotensi, yaitu sekitar 400 sekolah di wilayah Jakarta, 100 di wilayah Pekanbaru, dan 200 di wilayah Medan.

2023 THEFI mulai digelar di Jakarta Sabtu, 12 Agustus 2023, di Pullman Central Park Hotel – The Ballroom Podomoro City. Opening Ceremony dilangsungkan pukul 9.30 – 10.00 WIB, dilanjutkan penandatanganan MoU antara Universitas Taiwan dengan 8 SMA di Jakarta pada pukul 10.30 – 12.00 WIB. Kemudian di Pekanbaru digelar di Novotel Hotel, 13 Agustus (setengah hari) – 14 Agustus 2023, dan di Medan digelar di Grand Mercure Hotel, 16 – 17 Agustus 2023.

Penyelenggaraan pameran didukung oleh Departemen Pendidikan Taiwan, dilaksanakan oleh Taiwan Education Center Indonesia Jakarta – di bawah naungan Tunghai University – yang bekerja sama dengan sejumlah institusi dan organisasi pendidikan di Indonesia, di antaranya Kemendikbudristek, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Ministry of Education Taiwan, dan Taiwan Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta.